Selasa, 03 November 2020

TEORI-TEORI BUDAYA

 BAB 1

    PENDAHULUAN

 a.latar belakang masalah

    Budaya adalah suatu gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat dan diwariskan secara turun menurun dari generasi ke generasi berikutnya.

 budaya ini juga mempengaruhi beberapa aspek seperti agama,politik,adat istiadat,bahasa,pakaian,bahkan bangunan. akan tetapi masih banyak sekali orang yang sudah tidak peduli dengan budayanya sendiri.terbukti dari banyaknya masyarakat di Indonesia sendiri masih mengikuti budaya-budaya barat dan melupakan budaya darah kelahiranya.

untuk itu penelitian mengenai teori-teori budaya menurut beberapa sumber ini perlu dilakukan.

b.rumusan masalah 

    apa saja teori-teori budaya ini?

c. tujuan penelitian 

    dapat mengetahui beberapa teori-teori budaya dari berbagai sumber


     BAB 2

PEMBAHASAN

teori- teori budaya ini terbagi menjadi 4 yaitu teori evolusi,difusi,fungsionalisme,dan struktural fungsionalisme. 

teori evolusi

ini merupakan teori pertama di antropologi ini. karena teori evolusi ini mempengaruhi banyak para ahli.perlu kita ketahui pula di abad ke-19 teori evolusi ini memiliki latar belakang penting karena telah membuat kaum evolusionis ini bergulat hanya untuk menegakkan suatu naturalistik mengenai kultural, yang menurut Tylor kultural itu adalah ilmu budaya. kaum evolusionis ini berharap bahwa menunjukan ilmu dengan jelas bahwa keadaan budaya itu selalu berkembang waktu demi waktu.

pemikiran pertama kali evolusionis muncul oleh E.B Taylor(1832-1917),Tylor berpendapat bahwa manusia memiliki kesatuan jiwa yang sama diantara semua umat manusia sehingga menemukan pemecahan yang sama terhadap persoalan yang sama sehingga mengalami pekembangan sejarah evolusi yang sama. 

 menurut morgan bahwa perkembangan evolusi ini terbagi menjadi 2, yang peratama adalah
Evolusi Unilinier : Evolusi yang terjadi melalui satu garis yang dominan.Masyarakat akan berkembang mengikuti tahap – tahap yang sama.Evolusi Multilinier : pemikiran untuk menelaah perbedaan dan kemiripan budaya melalui perbandingan antara runtutan perkembangan yang parallel, khususnya pada wilayah – wilayah yang secara geografis jauh terpisah. Menurut Leslie A. White : Evolusi budaya terjadi karena adanya pirani manusia yang berkembang untuk berakomodadi terhadap alam dan budaya mengalami kemajuan.

 teori difusi

ini merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh Everret M. Rogers dari ciptaan bukunya pada tahun 1962  yang berjudul“Diffusion of Innovations”, dimana dalam perkembangan selanjutnya menjadi landasan pemahaman tentang inovasi, karakteristik inovasi, mengapa orang-orang mengadopsi inovasi, faktor- faktor sosial apa yang mendukung adopsi inovasi, dan bagaimana inovasi tersebut berproses diantara masyarakat. Difusi menekankan pada adanya persebaran (material dan non material) dari satu kebudayaan ke kebudayaan yang lain, dari satu orang ke orang yang lain, serta dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga kebudayaan itu sumbernya dari satu tempat yang kemudian berkembang dan menyebar ke tempat yang lain.

teori fungsionalisme

ini merupakan teori yang di khususkan di antorpologi untuk penelitian dalam etnografis.disini kita harus memberikan ciri sistematik budaya yang pada artinya disini kita harus mengetahui hubungan suatu masyarakat yang bisa membentu sistem.fungsionalisme merupakan teori tetang proses kultural. Fungsionalisme sebagai perspektif teoritik dalam antropologi yang bertumpu pada analogi dengan organisme , artinya ia membawa kita memikirkan sistem sosial -budaya sebagai semacam organisme, yang bagian-bagiannya tidak saling berhubungan melainkan juga memberikan andil bagi pemeliharaan, stabilitas, dan kelestarian hidup”organisme”. Dengan demikian  dasar penjelasan fungsionalisme ialah asumsi bahwa semua sistem budaya memiliki syarat – syarat fungsional tertentu untuk memungkinkan eksitensinya atau sistem buday memiliki kebutuhan (kebutuhan sosial ala Radcliffe Brown atau bilogis individual ala Malinowski) yang semuanya harus dipenuhi agar sistem itu dapat bertahan hidup.Fungsionalisme menurut Malinowski memandang istitusi dalam masyarakat (keluarga, politik, pendidikan, analog dengan organisme, dan setiap organ terintegrasi serta saling bergantung.Fungsionalisme tidak untuk mengetahui asal – usul serta perkembangan suatu pranata, tetapi melihat apa fungsinya dalam konteks kehidupan masyarakat.

teori struktural fungsionalisme  

teori ini merupakan kesemibangan dinamis.karena menurut Parson tidak hanya memerhatikan sistem sosial dalam dirinya tetapi juga hubungan -hubungannya dengan sistem-sistem tindakan lainnya, khususnya sistem budaya dan kepribadian. Akan tetapi pandangan dasarnya mengenai hubungan-hubungan intersistemik yang sama dengan pandangan mengenai relasi-relasi intrasistemik, yakni mereka didefinisikan oleh kohesi, consensus, dan ketertiban. Dengan kata lain, struktur-struktur sosial yang beraneka ragam melaksanakan berbagai fungsi positif untuk satu sama lain.

BAB 3

PENUTUP

kesimpulan

bahwa teori-teori budaya ini sangat penting bagi kehidupan masa panjang manusia. dan budaya juga sangat beragam karena memang dari waktu-kewaktu budaya baru itu selalu bermunculan,dan pada seharusnya kita sebagai manusia paham bahwa budaya itu harus kita jaga agar tidak musnah. dengan kita menjaga budaya kita juga sama saja menjaga harta warisan dunia.

 

DAFTAR PUSTAKA 

  • Kaplan, David dan Robert. A. Manner.1999.Teori Budaya.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
  • Ritzer, George.2012.Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern.Yogyakarta:Pustaka pelaja

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musik dan Lagu Daerah Lokal di Jawa Barat

Musik Dan Lagu Daerah Budaya Lokal (Jawa Barat) pendahuluan                     Musik dan lagu daerah merupakan salah satu seni yang tidak a...