Selasa, 17 November 2020

Tari Mojang Priangan-Jawa Barat

Tari mojang priangan



Pendahuluan


Tari mojang priangan ini merupakan salah satu tarian yang dikreasikan dari tari jaipong. Tarian ini diciptakan oleh Gugum Gumbira.

Tarian ini memiliki arti sendiri yaitu mojang Mojang adalah sebutan untuk seorang gadis atau perempuan yang belum menikah. Mojang memiliki ciri khas yang digambarkan dalam lagu Mojang Priangan.

Mojang disana digambarkan sebagai seorang gadis yang tidak hanya cantik secara fisik, tetapi secara rohaninya. Sedangkan Priangan tepatnya adalah nama gabungan dari beberapa daerah di Jawa Barat atau Sunda, yaitu yang terdiri dari Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, dan Bogor.

Rumusan Masalah

1.     Cara dalam setiap gerakan tarian mojang priangan 

2.     Tata busana 

3.     Tata rias 

Tujuan Penelitian

             Mendeskripsikan arti gerakan dari tarian mojang priangan, mendeskripsikan tata busana yang dipakai,dan mendeskripsikan tata rias yang digunakan dalam tarian mojang priangan.

pembahasan

  1.      1. cara dalam setiap gerakan
seperti yang kita ketahui tari mojang priangan ini merupakan tarian yang sangat unik,yang berbeda dengan tari jaipongan lainnya. tari jaipong identik dengan gerakan bahu,tangan dan pinggul.

       tetapi di tari mojang priangan ini penari harus menguasai gerakan sempurna lainnya seperti bukaan,pencungan,ngala dan mincid.

  •      Gerakan Bukaan 

Dalam gerakaan ini sang penari biasanya melakukan jalan berputar disertai dengan memainkan selendang yang dikenakan pada leher pemain.
  •     Gerakan Pencungan


Gerakan ini didukung dengan tempo lagu atau musik yang bertempo cepat pula.

  • Gerakan Ngala 


Ngala dalam Jaipongan adalah salah satu ragam gerakan yang terlihat semacam gerak patah-patah atau titik pemberhentian dari satu gerakan pada gerakan lain dan dilakukan secara cepat atau dengan kata lain gerakan ini memiliki tempo cepat.

  • Gerakan Mincit 

Mincit merupakan gerakan perpindahan dari satu ragam gerak ke ragam gerak lain. Gerakan ini dilakukan setelah ada gerakan ngala dalam sebuah tarian Jaipong.


2. Tata Busana 




Mengenakan pakaian tradisional sunda. Bagian atasnya mengenakan kebaya berwarna cerah, dilengkapi oleh kain batik sunda pada bagian bawahnya.Konsepnya kesederhanaan dari pakaian tradisi Sunda itu akan diberi ornamen-ornamen yang dapat memberikan kesan glamor, misalnya dengan diberi payet-payet di beberapa sisi kebaya atau sinjang.

Model kebaya Sunda diberi ornamen payet atau kadang juga diberi bordiran yang bermotif bunga. kain (sinjang) polos yang diberi ornamen yang hampir sama dengan hiasan yang ditempel pada kebaya. Kepala bersanggul dan diberi bunga dan tusuk sanggul.

Aksesoris lain adalah karembong yang dibelitkan pada pinggang sebagai beubeur (ikat pinggang itu menjadi ciri khas kostum tari Jaipongan saat itu). Dan hiasan rambut dibuat menarik misalnya dengan disanggul.

3. Tata Rias


    seni penggunaan alat-alat rias (bedak, lipstik, pensil alis, dan lain-lain) untuk mengangkat cerita yang diperankan dalam tari dan membedakan karakter tari. Riasan yang digunakan pula menggunakan riasan khas sunda. Agar lebih terlihat karakter aura dari mojang sundanya sendiri. 


kesimpulan 

    Tari mojang priangan ini merupakan tarian daerah khas Jawa Barat, tarian ini masih sering ditampilkan ketika ada acara pernikahan,atau opening ceremony dll.tarian mojang priangan ini juga harus kita jaga kelestariannya agar lebih bermanfaat,dan berkembang di daerahnya ataupun di daerah lainnya ataupun mendunia.

Daftar Pustaka 

https://segudangnyailmu.blogspot.com/2019/05/tari-mojang-priyangan.htmlhttps://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tari-mojang-jaipong-identitas-masyarakat-sunda




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musik dan Lagu Daerah Lokal di Jawa Barat

Musik Dan Lagu Daerah Budaya Lokal (Jawa Barat) pendahuluan                     Musik dan lagu daerah merupakan salah satu seni yang tidak a...